DEFINISI PERTUKARAN (EXCHANGE) DALAM PEMASARAN

Pemasaran adalah sebuah proses sosial dan managerial dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui produksi dan pertukaran produk/barang dan nilai dengan orang lain.[1] Salah satu konsep dasar pemasaran yaitu Exchange (pertukaran) yang akan dibahas sebagai berikut :

Definisi pertukaran
Pertukaran adalah tindakan memperoleh obyek yang didambakan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai penggantinya.[2]
Exchange is an occurrence in which people give things of similar value to each other. (pertukaran adalah kejadian di mana orang memberikan sesuatu yang bernilai mirip satu sama lain).[3]
Exchange is the act of giving or taking anything in return for another thing. (pertukaran adalah tindakan memberi atau mengambil imbalan apa pun untuk hal lain).[4]

Sehingga yang dimaksud dengan pertukaran (exchange) adalah suatu tindakan yang dilakukan dengan memberikan atau menerima imbalan yang bernilai mirip satu sama lain untuk memperoleh sesuatu yang diinginakan atau dibutuhkan. Pertukaran dalam pemasaran tidak selalu menggunakan uang sebagai alat tukarnya, dapat menggunakan barang sebagai alat, atau bisa juga dalam bentuk kerjasama yang saling menguntungkan. Pada intinya pertukaran dapat terjadi ketika dua pihak atau lebih telah menyetujui untuk melakukan transaksi, tiap pihak harus memiliki sesuatu untuk dihargai oleh pihak lainnya atau memiliki sesuatu yang bernilai mirip satu sama lain untuk dipertukarkan.

Sumber :
[1] https://majidbsz.wordpress.com/2008/06/30/pengertian-konsep-definisi-pemasaran/
[2] http://www.slideshare.net/indradiputramm/pengertian-pasar-pemasaran-dan-manajemen-pemasaran
[3] http://www.merriam-webster.com/dictionary/exchange
[4] Ibid.

0 komentar:

Posting Komentar